Apa Itu Rob?

Apa sih rob itu? Rob adalah istilah masuknya air laut ke daratn. Akibatnya terjadi banjir. Sebenarnya rob merupakan fenomena alam biasa. Rob berasal dari air pasang laut yang melimpah ke darat.

Mengapa rob hanya terjadi di Semarang? Di daerah pantai lain seperti Rembang, Pati, Pemalang tidak terjadi rob. Hal itu terjadi karena permukaan tanah Semarang bagian utara lebih rendah dari permukaan laut. Makanya wajar kalu air laut sering melimpah ke daratan.

Zaman dahulu Semarang daerah utara merupakan rawa dan hutan bakau. Rawa dan hutan bakau itu berfungsi menyerap limpahan air laut. Namun, kemudian tanah sekitar pantai dijadikan permukiman, kawasan industri, dan pariwisata. Rawa-rawa diuruk dan hutan bakau dibabat habis. Akibatnya limpahan air laut tak tertampung dan membanjiri daratan.

Semakin tahun rob semakin parah. Penyebabnya permukaan tanah di Semarang semakin menurun. Penurunan permukaan tanah itu karena tak kuat menopang bangunan dan gedung di atasnya. Penyebab lain adalah pengurasan air tanah secara berlebihan. Banyak industri yang membuat sumur bor dan artesis tanpa izin. Air bawah tanah dikuras secara berlebihan untuk kepentingan perkantoran dan industri. Volume air tanah berkurang drastic sehingga lapisan tanah di atasnya amblas. Akibatnya, permukaan tanah semakin turun dan rob semakin meninggi.

Lantas bagaimana cara mengatasi rob? Salah satunya yaitu dengan adanya pembuatan dam (bendungan ) raksasa yang lebih rendah untuk mencegah air masuk ke daratan. Cara lain adalah memperbaiki dan melestarikan ekosistem sekitar pantai. Mengembalikan fungsinya seperti semula dan sebagaimana mestinya. (junior)