Keyboard Sarang Penyakit

Siapa nyana, keyboard komputer yang menjadi teman kerja sehari-hari ternyata lebih kotor bila dibandingkan dengan kloset. Halitu terungkapdalampenelitian terhadapbakteri diatas keyboard.

Majalah konsumen Inggris Which? Computing meminta seorang pakar mikrobiologi meneliti 33 tuts keyboard di sebuah kantor di London, sebuah kloset, dan sebuah gagang pintu di toilet.

Dari hasil penelitian atas jumlah bakteri dan kuman, empat keyboard dinyatakan membahayakan kesehatan. Ahli mikrobiologi itu menyarankan salah stukeyboard dibuang karena mengandung bakteri 150 kali lebih banyak dari ambang batas atau, lima kali lebih berbahaya ketimbang kloset.

“Sebagian orang tidak terlalu peduli dengan peranti computer kita. Padahal kalau peranti itu tidak dibersihkan, kita sama saja makan di toilet,” kata Sarah Kidner dari Which? Computing.

Menurut penelitian itu, penyebab utama keyboard penuh bakteri adalah kebiasaan makan di meja. Serpihan makan yang jatuh bisa memicu perkembangbiakan jutaan bakteri. Kebiasaan tidak sehat, misalnya tidak mencuci tangan setelah dari toilet juga menambah kekotoran di keyboard. (Canverra-Suara Merdeka)