Tante Mi VS Sang Ponakan

Wajahnya menyembul, mengintip dari balik gorden ruang tengah. Tuk... kuntuk.. kuntuk... (bukan tuk...tik...tak...tik...tuk... suara sepatu kuda loh yah), derap langkah bocah balita yang masih belum seimbang jalannya itu perlahan mendekati tante Mi. Senyum bak malaikat terkembang menghiasi wajah polosnya yang lucu nan lugu. Meskipun baru pertama kali bertemu tapi si dia yang lucu itu tanpa rasa takut mendekati tente Mi. Lalu bocah itu tanpa segan menjulurkan tangannya pada tante Mi sebagai tanda salam perkenalan dan tak lupa mencium tangan tante Mi. ”Ih lucu banget sih ini bocah, ” batin tante Mi sambil gemes mencium pipi si bocah. Yeee habis itu dianya malah malu dan pergi berlalu menghampiri simbok & pakne. Begitulah kesan awal pertama kali tante Mi dan bocah balita yang tak lain tak bukan adalah ponakannya sendiri.

Sore harinya tante Mi dan si bocah asyik bermain seolah tak mempedulikan perbedaan umur yang jauh di antara keduanya, berasa seperti teman sepermainan dan si tante berasa kembali ke masa kecil yang kurang bahagia. Hehehe. Segala macam mainan dikeluarkan dari lemari dan dihamburkan ke lantai. Behubung si bocah baru bisa mengeluarkan bahasa-bahasa aneh yang tidak jelas. Untuk berkomunikasi terkadang mereka mengalami kesulitan sesekali eh yang bener berulang kali dink malahan. Begitulah kira-kira menurut tante Mi. Fiuh... berasa kaya tarzan hehehe.

Malam hari mereka masih tampak akur. Nempel terus kaya perangko. Menjelang tidur... Baru sekejap merebahkan badan dan memejamkan mata tiba-tiba si bocah datang tanpa alasan yang tak jelas dan tanpa ba-bi-bu mencakar kulit, menjambak rambut, dan menendang tanpa ampun. Uff... sakiiit bener! ”Emang aku punya salah apa sih?” Tante Mi pun tak berdaya dibuatnya dan huaaa hu.. hu.. hiks.. hiks.. pecahlah tangis tante Mi di malam hari yang sunyi itu sambil menahan sakit dan juga sakit hati (dalam hati saja). Duw Gusti paringono sabar! Keseeel soalnya si tante tidak bisa melawan karena tahu bocah itu tidak selevel dengannya, bukan lawan yang sebanding. Masa iya tante-tante (kalo udah punya ponakan namanya tante-tante, kalo udah punya anak namanya mamah-mamah) bertarung melawan bocah balita yang masih suka ngompol, berpampers pula. Walaaah... kalau sampe kejadian begitu bisa diketawain sama ayam tetangga nantinya. Tante Mi pun hanya pasrah menerima perlakukan demikian. Akhirnya pertolongan datang. Si bocah pun dibawa pergi sama simbok & pakne. Fiuh... tante Mi bernapas lega. Tapi hal itu tidak cukup terjadi untuk sekali waktu. Ini baru awal, selanjutnya banyak kejutan yang telah menanti dan tidak diduga-duga.

Lain waktu berulang, yang mobil remote controlnya yang lumayan gede diayunkan, dipukulkan ke arah tante Mi lebih dari sekali dan tante berusaha mengelak juga kabur. Lagi-lagi dengan alasan yang tak jelas dan jelas itu menimbulkan kebingungan juga tanda tanya besar dalam diri tante Mi, kenapa? Hal itu menghasilkan lebam biru di kaki dan lagi-lagi si tante hanya bisa menangis (dalam hati saja) dan menyerah. Dengan geram, dalam hati si tante mengibarkan bendera perang kepada si bocah. Tapi itu hanya niatan sesaat di kala si tante dalam keadaan emosi, dipenuhi kesal dan amarah. Selebihnya karena pertarungan selalu berakhir dengan maaf, peluk dan cium dari si bocah kepada si tante (so sweet). Duw langsung deh mencair, meleleh, lumer hati tante Mi. Emosi pun mereda. Ujung-ujungnya akur lagi dan main bareng lagi deh seperti tak pernah terjadi apa-apa. Terlalu sayang sih. Buktinya tetep aja dua makhluk ini tak pernah pula kapok untuk maen bersama (kembali) dan tak pernah saling membenci. Mungkin begitu juga kali yah cara menyayangi sang bocah kepada tante Mi tapi... sungguh cara menyayangi yang aneh hehehe.

Begitulah... Pernah juga ni suatu kali tante Mi diuber-uber, dibawain ciduk (baca : gayung) yang bakalannya dipukulkan ke dirinya, gara-gara si bocah gak mau udahan mandi. Trus pernah juga ngamuk (lagi-lagi gak jelas apa sebabnya) ninju-ninju, nglemparin mobil-mobilan ataw apa aja deh benda yang ada di dekatnya. Hoalah bocah! Ck.. ck.. ck.. Tante Mi cuma bisa mengelus dada dan geleng-geleng kepala. Lalu... lalu... kalo situasinya udah mulai dirasa gawat, buat antisipasi buru-buru deh tante Mi ambil langkah seribu. Huaaa... kabuuur! Hehehe ngumpet di kamar trus tidur deh (amaaan dari serangan si bocah berpampers). My little angel, my little devil, lucu tapi sekaligus juga nyebelin. Wupz... My friend & my enemy (wow!).