Tips Ketika Menjual Rumah

Cara terbaik menjual rumah adalah menjualnya melalui Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia, namun sebelum hal itu anda lakukan sebaiknya pahami dulu hal-hal mendasar berikut ini.
Rumah, selain sebagai tempat tinggal juga bisa di jadikan sebagai salah satu bentuk investasi karena nilai jual sebuah rumah semakin meningkat seiring dengan semakin besarnya kebutuhan masyarakat akan sebuah rumah, dan ini tentunya di dukung dengan perkembangan pembangunan dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat. Jika pada suatu saat tiba saatnya anda akan menjual rumah anda maka ada beberapa hal yang mesti di perhatikan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal ini juga berlaku bagi anda yang hendak menjual rumah karena alasan lainnya misalnya anda mesti pindah domisili dan mesti menjual rumah baru untuk bisa membeli rumah baru di lokasi yang baru.


Hal pertama yang harus anda persiapkan adalah segala sesuatu yang berhubungan denga perizinan rumah anda, ini penting karena menyangkut staus rumah anda di mata hukum dan hal ini akan menjadi perhatian utama calon pembeli mau atau tidak membeli rumah kita. Rasanya mustahil pembeli berminat kepada rumah kita jika status kepemilikan rumahnya di ragukan karena merekapun tidak mau timbul masalah di kemudian hari.

Berikutnya perhatian kondisi rumah. Sebelum anda menjual rumah anda pastikan kondisi fisik rumah dalam keadaan yang baik dan terawat karena hal ini akan berpengaruh kepada nilai jual rumah anda. Selain itu kondisi rumah yang terawat akan menarik minat calon pembeli, sebaliknya kondisi rumah yang tidak terawat dan dalam kondisi banyak kerusakan selain menurunkan nilai jual juga kurang menimbulkan minat dari calon pembeli. Untuk itu perbaikilah bagian-bagian rumah anda jika terdapat kerusakan dan jaga dalam keadaan bersih dan sehat.

Buat taksiran harga. Setelah ada merasa bahwa rumah anda telah siap untuk di jual dengan memperhatikan faktor-faktor di atas maka kini saatnya membuat taksiran harga. Buatlah taksiran harga dengan cermat dengan memperhitungkan beberapa hal yang bisa mempengaruhi nilai jual. Jika lokasi rumah anda berada di lokasi yang strategis dengan akses yang mudah apalagi di dukung dengan sarana lingkungan seperti jalan dan fasilitas publik yang mudah di akses maka sangat masuk akal jika anda memasang harga yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan rumah yang sulit di akses. Selain kondisi fisik yang di sebutkan di atas jumlah lantai rumah anda juga mesti di perhitungkan dan juga bahan-bahan yang di pakai pada bangunan rumah anda. buatlah perhitungan secara rinci dan cermat mengenai hal ini sehingga anda bisa mendapatkan perhitungan harga yang pas untuk rumah anda dan tidak mengecewakan.

Mengontak broker, Jika anda bermaksud menjual rumah anda melalui broker maka hal berikutnya adalah menghubungi broker yang terpercara, salah satunya Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia. Sebelum membuat kesepakatan dengan broker tersebut pastikan terlebih dahulu ada persetujuan tentang berapa jumlah komisi yang harus ada bayar untuk menghindari perselisihan di kemudian hari ketika rumah anda laku terjual.