Masalah Pada Percernaan dan Tips Mengatasinya

Semua pasti pernah merasakan suatu masalah pada perutnya yang disebabkab adanya gangguan pada sistem pencernaannya. Meskipun masalah ini sering dianggap sepele, namun hal ini dapat mengganggu aktifitas kita.

masalah-pencernaanBerikut ini adalah beberapa Masalah yang seringkali timbul pada sistem pencernaan dan cara untuk mengatasinya:

Bersendawa, Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya udara yang masuk ketika kita makan atau minum dengan cepat, Mengunyah permet karet terlalu lama, atau karena meminum minuman berkarbonasi. Untuk terhindar dari Bersendawa, cobalah makan dan minum dengan lebih Perlahan, Hindari mengunyah permen karet untuk jangka panjang, minuman bersoda, dan permen keras.

Kembung, Perut Kembung bisa terjadi ketika kita mengkonsumsi Kol, Kembang Kol, Brokoli, Kacang Panjang atau Minuman Berkarbonansi. Cobalah berjalan kaki selama 5 sampai 10 menit, jangan berbaring setelah makan atau minum, mengurangi asupan garam juga bisa membantu mengatasi perut kembung.

Mulas, bisa disebabkan karena masuknya asam lambung ke kerongkongan atau esofagus dan menyebabkan iritasi. Mulas bisa terjadi setelah kita mengkonsumsi pedas, gorengan, atau makanan cepat saji. Bisa juga terjadi karena rokok dan minuman keras atau segera berbaring setelah makan. Untuk menghindarinya kurangi konsumi makanan yang bisa meningkatkan kadar asam seperti tembakau, coklat, kopi, tomat, makanan yang digoreng dan makanan berlemak.Ttidur dengan posisi memiringkan badan ke sebelah kiri, dan mengangkat (meninggikan) kepala di tempat tidur juga bisa membantu mengatasi masalah ini.

Sembelit, Ini adalah suatu kondisi di mana pengeluaran feses atau tinja jarang terjadi (kurang dari tiga kali dalam seminggu) sehingga menyebabkan tinja keras, kecil, dan sulit dikeluarkan. Hal ini dapat disebabkan kurangnya serat atau cairan dalam makanan, faktor medis, atau efek samping dari obat atau akibat dari akumulasi stres fisik dan mental.