Ooo TerNyata inI To yanG NamAnYa KErak TelOr

Penganan tradisional asli betawi ini telah lama mengusik rasa penasaranku dan baru kemaren rasa penasaranku ini terjawab. Akhirnya kesampean juga yah, fiuh Udah gitu aku juga gak perlu jauh2 datang ke jakarta dimana tempat penganan ini berasal, cukup di sini, di kota tempatku bermukim. Di seputaran Simpang5, Semarang dengan mudah kita bisa menjumpai banyak sekali penjual kerak telor. Hmm anehnya ni aku berkali2 datang ke Jakarta tapi belum pernah sekalipun berhasil menjumpai penjual kerak telor, susah bener deh nyarinya (langka). Katanya si cuma ada kalo ada event2 tertentu aja, kaya kalo ada PRJ gitu selebihnya... gak tau deh harus nyari dimana (ada yg tau???)

Gak hanya di Simpang5, sabtu lalu waktu perjalanan menuju rumah aku gak sengaja bertemu dengan salah satu penjual kerak telor yg lagi mangkal di pinggir jalan daerah Tembalang. "Dek, tu ada yg jual kerak telor, " kataku ujug2 (tiba2-red) soalnya aku juga kaget si ngliatnya gak sengaja gitu. "Mana mbak, mana...?" sahutnya juga antusias, soalnya kita berdua punya rasa penasaran yg sama. Saking penasarannya adekku akhirnya ngebela2in bwt berbalik arah hehehe )

Ooo ternyata bikinnya tu dari beras ketan putih, telor, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur , jahe , merica butiran, garam dan gula pasir, trus dmasak deh di atas tungku arang.
Oia kalo pengen pedes tinggal tambahkan potongan cabe rawit aja. Bikinnya juga gak butuh waktu lama, sebentar banget wis. Ada 2 pilihan, mau yg telor ayam berharga 7000 perak ataw yg telor bebek berharga 8000 perak. Hmm akhirnya jadi juga, kerak telor dibungkus diatas pembungkus yg ada daun pisangnya trus digulung gitu. Go home... (oleh2 buat mama ni tp makannya rame2

Tiba saat menyantap, sepotong demi sepotong masuk ke dalam mulutku, nyam... nyam... Rasanya bole juga lo, enak, gurih, asin, gimana gitu, eksotis wis pokonya indonesia banget heheh . Buat yg doyan makan, yg satu ini bisa lo dijadikan alternatif buat variasi dlm perburuan kulinermu. Gak rugi deh, gak kalah rasanya sama pizza, spaghetti ataw burger. Itung2 juga sekalian melestarikan makanan tradisional indonesia yg katanya hampir punah (gak bangetkan kalo sampe terjadi) biar bisa go internasional, cieee

Selamat mencoba