Stop To Mengeluh !!!

Ah, kerjaannya banyak banget seh! Duw, PRnya susah! Makanannya gak enak, asin! Yah, bannya kempes lagi! Yah, mati lampu! Bla... bla... bla... dsb, dst deh! Coba inget-inget lagi seberapa banyak sih kamu mengeluh alias menggerutu dalam satu hari? Ssstt jawabnya jangan kenceng-kenceng kasian tetangga sebelah tuh, jawab aja dalam hati yah. Kalo jawabnya banyak kali, wow bahaya banget tu! Sering membesar-besarkan hal-hal kecil yang gak penting? Kalo iya, wow (lagi) deh. Emangnya sesulit itu yah hidup yg kamu hadapi? Gak gitu-gitu banget kaleee! Kamu aja tuh yang kelewat hiperbol alias berlebih-lebihan. Kamu aja tuh yang emang doyan bersahabat sama hal-hal susah bin sulit. Belum juga dicoba udah maen nyerah gitu aja dan dengan gampangnya bilang gak bisa. Sukanya... Capek deh... Ya kan? Ngaku aja deh hehehe.

Mengeluh itu hal yang gampang dilakukan ataw bahkan bisa jadi kebiasaan. Mengeluh itu nunjukin kalo diri kita itu males untuk melakukan usaha, nunjukin kalo kita itu lemah dan gak survive akan sesuatu. Emangnya dengan mengeluh bisa menghasilkan dan mengubah keadaan jadi baik, tanpa usaha apa-apa? Saat kita mengeluh, keadaan bukan jadi lebih baik tapi malah bisa bertambah buruk karena kita gak melakukan usaha apapun untuk mengubah keadaan. Duw gak banget deh! Kita pikir mungkin dengan mengeluh kita bakal dapat simpati dari orang lain. Tapi kalo terus-terusan hmm hati-hati looo kayanya orang sekitar bakalan bosan dan bisa-bisa pada mundur teratur ninggalin kita. Mau? Enggak kan?!!

Mengeluh itu adalah pekerjaan yang sia-sia. So mulai sekarang stop to mengeluh!!! Belajarlah untuk selalu berpikiran positif soalnya pikiran positif bakal menghasilkan hal positif pula. Sebaliknya, pikiran negatif akan menghasilkan segalanya menjadi negatif. Ubah energi mengeluh untuk berjuang menghadapi tantangan dan rintangan di depan mata kita. SEMANGAT!!!

Sedikit mengintip tips yang pernah ditayangkan di rubrik remaja – Suara Merdeka biar gak terlalu sering mengeluh :
1. Bersyukur
Bersyukur tiap hari atas semua yang patut kita syukuri. Ambil waktu 10-30 detik untuk bersyukur. Makin banyak kita bersyukur, makin banyak hal yang bias kita syukuri.

2. Pegangan Kata

Saat kesedihan melanda, maka peganglah kata-kata ini, life is a gift, live it, enjoy it, celebrate it, fulfill it, dll... dst... (kata-kata yang bisa menggugah semangat diri).

3. Tanggapan Positif
Jangan biasakan ikut mengeluh saat teman-teman pada mengeluh. Kasih tanggapan positif atau nggak komentar sama sekali. Selalu berpikir positif dan lihatlah perubahan dalam hidup.

4. Renungin
Coba merenung sebelum mengeluarkan keluhan. Sebelum mengeluh tentang makanan yang nggak enak, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.

5. Sebelum mengeluh kamu nggak setajir sohibmu, pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta di jalanan, seseorang yang punya kehidupan lebih sulit dari kamu, dsb... dst...

6. Keep Smile
Saat menghadapi kesulitan, saat mulut mau ngeluarin keluhan, segera tutup mata, tarik nafas panjang, tahan sebentar, dan kemudian hembuskan pelan-pelan lalu buka mata, tersenyumlah. Kemudian terusin berusaha misalnya lagi kesulitan mengerjakan sesuatu maka cari seseorang yang bisa bantu kita.

7. Berdoa
Berdoalah setelah kita melakukan serangkaian usaha atas kesulitan yang dihadapi.

Note : Nobody’s perfect and you can’t always get what you want. It just for remind me and maybe you.